PROGRAM

I.         PENDAHULUAN

Senantiasa kita memuji dan menyanjung Allah Ta’ala Sang Pencipta, Pengatur  serta Pemberi rizqi, yang senantiasa kita memohon kepada-Nya untuk dikokohkan langkah kita di atas jalan dakwah ini, karena Allah berjanji kepada siapa saja yang menolong agama-Nya akan ditolong dan dikokohkan langkahgnya. Dan tak lupa sholawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam suri tauladan umat hingga akhir zaman.

Bidang Dakwah merupakan salah satu unit yang ada di Pondok Pesantren Al Ukhuwah Sukoharjo. Bidang Dakwah dibentuk untuk ikut andil dalam mewujudkan visi Pondok Pesantren Al Ukhuwah yaitu “Terwujudnya generasi muslim yang memahami ilmu syar’i dan mampu mengamalkannya serta mendakwahkannya sesuai metode yang benar” serta menjadi wadah yang mengelola sebagian bentuk kegiatan dakwah yang diselenggarakan Pesantren baik yang berkaitan dengan civitas Pesantren maupun puhak luar Pesantren.

II.         SAMBUTAN MAS’UL BIDANG DAKWAH

 

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

 

Segala puji hanya bagi Allah Ta’ala. Sholawat dan salam semoga tetap tercurah kepada Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam, keluarga, sahabat dan orang-orang yang mengikuti jejak mereka sampai hari kiamat.

Amma ba’du,

Kami haturkan ke hadapan anda, sebuah buku profil dari BIdang Dakwah Pondok Pesantren Al Ukhuwah Sukoharjo, yang berisi informasi tentang pengurus Bidang Dakwah, program-program yang dijalankan serta gambaran singkat tentang kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Buku profil ini merupakan salah satu media publikasi dan informasi program dan kegiatan yang dilaksanakan Bidang Dakwah.

Semoga publikasi ini dapat berguna bagi semua pihak. Saran dan masukan dari anda sangat kami harapkan sebagai penyempurnaan profil yang akan datang

 

Kabid Dakwah

III. STRUKTUR ORGANISASI BIDANG DAKWAH

MAS’UL BIDANG DAKWAH

Ustadz Abu Yusuf Suharno

SEKRETARIS

Ali Mukti Zaini Kamal, S.Pd.I

BENDAHARA

Ustadz Mujiran, M.Pd.I

KOORDINATOR DAKWAH EKSTERN

Ustadz Mujiran, M.Pd.I

KOORDINATOR DAKWAH INTERN

Ustadz Abdani

KOORDINATOR INSANTV & IT

Muhammad Ali Aziz

IV. PROGRAM-PROGRAM BIDANG DAKWAH
A. SAFARI DAKWAH

Kegiatan ini berupa kegiatan dakwah ke berbagai wilayah rawan kristenisasi ataudaerah minus. Kegiatan yang sudah terlaksana yaitu ke wilayah Kopeng, Wonogiri, Pacitan, Banjarnegara, Magelang, Tawangmangu, Karangpandan, Dieng, Temanggung ……. Adapun kegiatan yang dilaksanakan berupa Khutbah Jum’at, kajian Ibu-ibu, Kajian remaja, TPQ, kajian umum, kultum ba’da sholat, imam sholat, ziyaroh ke tokoh masyarakat dan tokoh agama, baksos dll. Kegiatan diikuti beberapapersonel .

B. KAJIAN RUTIN AHAD PAGI

Kegiatan ini dilaksanakan setiap Ahad pagi dimulai pukul 07.30 sampai dengan pukul08.30. Adapun jadwal pemateri adalah Ustadz Aris Sugiyantoro tiap Pekan I,III dan V dengan materi Hisnul Muslim, Ustadz Rochmad Supriyadi, Lc tiap pekan II dan IV dengan materi Shohih Bukhori. Kajian rutin ini dihadiri kurang lebih 150 jama’ahhingga 200 jama’ah tiap pekannya. Alhamdulillah tiap kajian disediakankonsumsi/snack dan air minum.

C. PENGIRIMAN DA’I DAN IMAM MASJID

Program ini guna untuk memenuhi permintaan kaum muslimin akan kebutuhan da’ibaik untuk kajian rutin, khotib Jum’at, Idul Fithri dan Idul Adha, maupun kegiataninsidental. Selain itu juga banyak permintaan Imam rawatib dari masjid-masjidbinaan. Menjalin kerjasama dengan sekolah-sekolah untuk kegiatan TPA danekstrakurikuler tahfidz. Adapun sekolah yang sudah menjalin kerjasama diantaranyayaitu SDN 1 Sukoharjo, SDN 1 Jetis dan MAN Sukoharjo.

D. KEGIATAN DAUROH

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan Bidang Dakwah. Kegiatan Dauroh berupakajian intensif dengan pembahasan suatu permasalahan penting. Kegiatan Daurohyang sudah terlaksana yaitu Dauroh Bahasa Arab, Dauroh Syar’iyyah, Dauroh TakmirMasjid. Sedangkan kegiatan dauroh yang akan dilaksanakan yaitu; Dauroh Muslimahdan Dauroh Pelajar.

E. PENGELOLAAN WEBSITE SUARAQURAN.COM

Website suaraquran.com merupakan sarana dakwah lewat media dunia maya. Website tersebut juga sebagai media informasi tentang kegiatan dakwah dan kegiatan PP Al Ukhuwah Sukoharjo. Memuat juga conten artikel ilmu-ilmu syar’i meliputi Fiqh, Aqidah, Tafsir, Hadits, Siroh dan Tazkiyatun Nafs. Selain itu juga tersedia link streaming radio SQ Abror, InsanTv, Yufid Tv dan link kajian Islam. Juga tersedia link untuk mendownload kajian-kajian ustadz Ahlussunnah, Artikel Islami, Murottal dll.

F. PENERBITAN BUKU GRATIS

Penerbitan buku-buku gratis yang diterbitkan oleh Pustaka Al Minhaj dan dibagikan ke lembaga-lembaga pemerintah, sekolah-sekolah, masjid binaan, dan masyarakat yang membutuhkan. Adapun judul buku yang sudah diterbitkan yaitu:

3 Landasan Utama
50 Soal Jawab Aqidah
10 Hak Dalam Islam
Ringkasan Sifat Sholat Nabi
Jangan Bersedih
Fadhilah Amal
Menggapai Surga Di Bulan Ramadhan
Kiat-kiat Menghidupkan Bulan Ramadhan
Panduan Pesantren Sore Para Pewaris Masjid
Kiat-Kiat Menghidupkan Bulan Ramadhan

Buku-buku tersebut  dicetak minimal 1000 eksemplar untuk sekali cetak. Adapundana untuk mencetak buku-buku tersebut bersumber dari donatur.

G. KEGIATAN TPQ

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang sudah berjalan lama. Kegiatan ini gunamemenuhi kebutuhan masjid-masjid binaan yang kekurangan tenaga pengajar TPQ. Biasanya kegiatan ini dilakukan setiap ba’da Ashar sampai menjelang Maghrib. Materi yang diajarkan meliputi BTA (Baca Tulis Al Qur’an), Fiqh, Aqidah, Siroh, hafalan surat-surat pendek, hafalan do’a sehari-hari, out bond, lomba TPQ dll. Selainitu untuk meningkatkan kualitas pengajar TPQ diselenggarakan pembekalanpengajaran dan pengelolaan TPQ.

H. BULETIN AL MINHAJ

Buletin Al Minhaj merupakan buletin ringan sebagai bacaan alternative untukmenambah wawasan dan ilmu ke-Islaman yang diharapkan dapat memberikanmanfaat serta dapat diambil hikmah dan faedahnya untuk siapapun yang membacanya. Hingga saat ini Buletin Al Minhaj telah memasuki tahun yang ke 12. Terbit setiap bulan 4 edisi/judul dengan materi pembahasan tentang Fiqh, Aqidah-Manhaj, Hadits, Tazkiyatun Nafs dan Siroh. Sekali terbit 24 rim (12.000 exemplar) di distribusikan ke kurang lebih 70 masjid yang tersebar di wilayah Solo Raya, Bogor, DKI dan Makassar. Adapun jajaran Dewan Redaksi yaitu; Ustadz Abdul Azhim, BA, Ustadz Feri Abu Sahl, Ustadz Ahmad Imron, Ustadz Hanif Beni Setiawan, S.Ud, Ustadz Fajri NS, Lc dan Ustadz Abdurrohman Bima, S.Ud.

I. KAJIAN INTERN PONDOK

Kegiatan ini dikhususkan bagi seluruh karyawan PP Al Ukhuwah Sukoharjo. Kajian ini meliputi Kajian Rutin Khusus karyawan putra setiap Rabu dimulai pukul 10.30 sampai dengan pukul 11.30 dengan pemateri Ustadz Aris Sugiyantoro dan Ustadz Mukhlis Abu Sa’id secara bergantian. Adapun khusus karyawan putri setiap hariJum’at pukul 14.00 sampai dengan pukul 15.00 bersama Ustadz Budi Suryanto. Kajian untuk seluruh karyawan dan asatidzah dilaksanakan pada waktu rapat umumsetiap tanggal 26 tiap bulannya dengan pemateri terjadwal

J. AMALIYAH RAMADHAN

Amaliyah Ramadhan merupakan kegiatan rutin setiap Ramadhan, kegiatan inimeliputi pengiriman imam tarawih, kultum, kajian khusus Ramadhan, kajianmenjelang buka dan pesantren kilat

K. INSANTV

Merupakan salah satu media dakwah dari Bidang Dakwah Pondok Pesantren Al Ukhuwah Sukoharjo. Bekerja sama dengan salah satu stasiun televisi yang bergerakuntuk menyebarkan dakwah, yaitu InsanTv. Pondok Pesantren Al Ukhuwah memilikikesempatan untuk turut berdakwah melalui stasiun televisi ini karena PondokPesantren memiliki studio mini InsanTv. InsanTv cabang Solo mendapat kesempatantayang setiap hari Senin sampai dengan Sabtu pada pukul 10.00 WIB – 11.30 WIB. Dengan jangkauan hingga seluruh nusantara bahkan bisa disaksikan hingga tingkatInternasional, media ini tentu sangat efektif untuk menyebarkan dakwah ahlussunnah, dan bidang dakwah sangat bersyukur dapat berpartisipasi dalam penyebaran dakwahyang sangat luas ini. Adapun pemateri pada kajian di InsanTv adalah para AsatidzahPP Al Ukhuwah Sukoharjo.

L. PESANTREN SORE PEWARIS MASJID

Sebuah program pembinaan untuk kaum muslimin dalam rangka memberantas buta huruf Al Qur’an serta berupaya mengembalikan fungsi masjid dan menanamkan nilai-nilai agama, mencetak Para Pewaris Masjid berdasarkan Al Qur’an dan sunnah sesuai pemahaman rasul dan para sahabat. Pilot project program meliputi wilayah GiriwoyoWonogiri sebanyak 20 mitra, Kopeng Kab. Semarang sebanyak 6 mitra dan BayatKlaten sebanyak 9 mitra, dan in syaa Allah bisa dikembangkan di wilayah lainnya.

M. TABLIGH AKBAR

Kegiatan Tabligh Akbar merupakan konsep untuk membangun komunikasi dalamrangka silaturrahmi antara sesama sesama umat.  Dalam hal memberi dan berbagiilmu agama pada kondisi dan situasi tertentu.  Artinya berbagi dan memberi tentangkebaikan dan kebenaran, kegiatan tersebut diisi dengan taushiyah oleh Ustadz-Ustadz, baik ustadz lokal, nasional, maupun masyayikh dari timur tengah.

Jadi, Tabligh Akbar itu sesungguhnya adalah upaya membangun persatuan umatuntuk melakukan komunikasi intelektual, spiritual dan sosial antara sesama, sehinggatujuan agama dan tujuan sosial dapat terwujud dengan baik. Tabligh Akbar juga merupakan upaya untuk membangun persatuan dan kesatuan umat baik dalammenegakkan sariah agama maupun dalam membangun komitmen sosial.

N. PROGRAM KELUARGA SAMARA

Sebuah program untuk membantu kaum muslimin dalam rangka mewujudkankeluarga SAkinah MAwaddah wa Rahmah. Program ini bisa diakses lewat facebookdan website suaraquran.com.

image_pdfimage_print